Selasa, 21 Juni 2011

Tongkat Asklepios


hmmm.... saat ini jadi saya pengen nge-post tentang tongkat asklepios nih....

saya pernah tanya ke kakak, "kenapa simbol kedokteran koq gambarnya ular?" trus dijawab, "itu karena bisa ular yang mematikan dapat dibuat sebagai pengobatan"

oh, begitukah????

trus, dilansir dari sumber lain kalo ular yang sedang berganti kulit sebagai simbol kelahiran kembali dan kesuburan, dengan tongkat sebagai simbol kekuasaan dewa pengobatan.

hehe.... kalo baca komik "Wildlife" vol 9, beda lagi nih ceritanya. ngomong2 tentang komik wildlife,  saya ngefans banget ama Tessho. tekadnya menyelamatkan hewan seperti tongkat asklepios. di situ dijelasin tentang tongkat asklepios.


gini nih ceritanya...

Tongkat asklepios. Dalam kepercayaan kuno Yunani, Asklepios adalah seorang anak muda yang baik hati, seorang tabib yang menyembuhkan orang dengan buah-buahan dan rerumputan. Suatu hari, asklepios menemukan ular yang punya daya hidup misterius. Dia berpikir untuk menyembuhkan pasien dengan kekuatan misterius ular itu.
Asklepios bertekad untuk menyembuhkan pasien agar bisa melihat senyuman keluarga pasien. Dia ingin menolong pasien seberat dan sekeras apa pun sakitnya. Dan ingin menyelamatkan pasien meski harus mempertaruhkan nyawanya. Dengan semangatnya yang luar biasa, Asklepios melakukan penelitian tanpa henti. Akhirnya dia selesai merumuskan cara cara pengobatan. Dia bisa mengobati siapa pun. Bahkan, bisa menghidupkan orang mati.
Tapi gara gara itu, jadi tak ada lagi orang yang sakit. Dan tindakan asklepios mengundang kemarahan para dewa. Tapi, tekad Asklepios untuk menyelamatkan pasien tetap tak tergoyahkan meskipun dia sudah membuat murka para dewa. Akhirnya zeus pun membunuh asklepios dengan halilintar. Sejak saat itu, Asklepios yang hidup dengan membantu orang-orang pun dipuja sebagai dewa kesehatan. Dan simbol Asklepios, yaitu tongkat yang dililit ular pun sampai sekarang dipakai sebagai simbol ilmu kedokteran. Bahkan untuk logo WHO.


sumber: cerita kakak saya n komik "wildlife" vol 9.. hehee.. :D

Tidak ada komentar: