Sabtu, 23 April 2011

PIR 2011

PIR 2011
Angkatan 23 dan 24
Ehm… pada tanggal 18-21 April 2011 adalah UAN (Ujian Akhir Nasional) anak kelas XII, maka kelas X n XI diliburkan. Hore..! liburan ini saya ingin menceritakan  tentang kegiatan PIR (Perkemahan Ilmiah Remaja). Sebagai senior angkatan 23, qta udah nyiapin jauh sebelum ini buat anak-anak juniornya. Hehe.. Wish we luck!
Langsung aja deh, critanya. Oke! Pertamanya, pagi hari, kami para junior + senior kumpul di SMASA hari Senin, 18 April 2011, tepatnya di halte. Semua udah disiapin. Dari namanya tiker, minuman, numpuk deh. Aq dianterin ma ayahku. Waktu itu udah jam setengah 6, jadi harus nungguin truk. Ya, truk. Ya, gimana lagi? Kita harus pake’ truk biar biayanya murah. Hehe. Waktu aq dateng, temen2 yang laen, yang bawa sepeda motor langsung aja deh ke renteng sana, buat nyiapin terlebih dahulu persiapan di lokasi tempat PIR-nya. Berarti aq+senior sisanya+juniornya naek truk.
Oh ya, ada pengumuman penting lho. Ya gak penting amat sih. Aq Cuma bawa satu tas. Horeeee… Coz, bisaanya pas diklat, ato pas ke luar kota buat lomba, aq bawa paleng banyak sendiri. Temen2ku bawa satu tas, aq bawa tiga sendiri. Aq bawa paleng berat sendiri. Sampe2 Krida tuh, paleng puas liat aq kesusahan. Aduh, cape’ deh mengingat masa laluku yang kelam ini. Beratnya membawa tasku. Ah.. sudah sudah. Aq kan cuma bawa satu tas, ada lagi se, tas kecil yang aq pake + camilan + tiker. Tapi kan aq Cuma bawa satu tas utama. Ya sudah lah. Itu sudah aq persiapkan dan pikirkan matang2 supaya gimana caranya satu tas buat 2 hari 1 malem itu. Berarti mamaku gak boleh ikut campur tentang ini! Coz, yang membuat aq membawa barang2 aneh, berat, dan kayaknya gak penting adalah MAMA. Mamaa. Percakapanku, malem sebelum PIR dg mama:
mama : tik, kalo nginep di renteng sana itu dingin lho. Nanti kalo tidur pake kaos kaki ya. Lotion anti nyamuknya dipake. Bajunya bawa yang banyak. Bla bla bla bla bla bla. Ato mama bawain kasur aja ta sekalian?
Aq : Apa?%((%#*$T.T (shock tingkat tinggi)
tidakkkkk!!! Udahlah, ma. Aq bisa sendiri. Emank aq bayi apa? Udah, semuanya aq yang ngatur.
Misi berhasil, dan aq gak jadi bawa barang lebay.
Lanjut, ke cerita awal. Truknya udah nyampe di depan skul. Hore! Waktunya berangkat. Duh.. lucu banget, liat juniornya naek, apalagi ada yang sempet nemplok ke sampingnya truk waktu naek. Wahaha.. Akhirnya dikasih tempat duduk buat naek ke truknya. Sebenernya, waktu junior2nya udah naek semua, gak yakin sih, senior sisanya bisa naek. Tapi ya cukup juga. Agak aneh bin ajaib sih. Waktunya berangkat!
Di jalan, baru nyadar, kalo kursi dari pak satpam SMASA kebawa ama truknya. Ya udah deh, terlanjur! Di jalan, desek2an ama adek2nya dan pastinya dlam keadaan berdiri. Goyang bareng gara2 jalannya yang gronjal-granjul. Yah, aq dapet tempat di tengah-tengah truk, gak bisa pegangan tepi truk. Otomatis aku yang paleng sering jatuh. Karena aq itu anggota dekorasi dokumentasi, maka aku harus foto2.
Nah, tuh ada anak yang giginya paleng keliatan tuh di foto. Namanya Krida, waktu naek truk, ngadep ke aq. Jadi aq ma dia hadep2an. Ih, romantis banget. Nggak deh. Dia tuh, temen yang paleng ngejer ngomentarin aq dari segi penampilan, barang bawaanku yang aneh2, de el el. Oh ya, posisiq di tengah2. Biar gak sering jatuh, aq diem dan konsentrasi. Siehh! Dari yang pertamanya aq cerewet and cekcok mulut ama Kridon, trus aq diem. Sampe2, Maulidiana yang ada di belakangku bertanya2 kenapa aq tiba2 diem. Emank kesambet ya? Nggak deh. Trus, waktu aq lagi diem+konsentrasi….
Krida: bla bla bla, kudu pegangan tepi truk ini. (aduh, aq lupa konteks kalimatnya. Intinya ya, gitu)
Aq: aq lho gak pegangan ya gak jatuh tuh dari tadi..
Tiba-tiba….. ciitttttt…. Yailah… tak disangka2, dengan rentang 0,00000000001 detik dengan kata2 yang baru aq sombong-sombongkan ke Krida, langsung njlongop aq. Karena apa? Karena Hasyati jatuh ke arahku, dan aq yang gak pegangan apa-apa langsung jatuh ke arah Krida, kayak di adegan film2 tuh. Dan Krida jatuh ke adek di belakangnya. Begitulah seterusnya sampe’ kayak domino. Hadeeh…. Trus,..
Krida: makanya, jadi orang jok sombong! Weekkk! (Wah, senyumnya puas banget liat aq). Gak usah lebay! Mau foto narsis, jatoh… habis ngomong gak pegangan dengan pedenya, jatoh…
Iya deh, akhirnya aq pegangan ama si adeknya, Rosa yang baek hati, tidak sombong, dan suka menabung mau pegangan ma aq. Hikz…

Sampe di renteng ya tapi belom sampe ke mesnya udah disambut ama hamparan sawah yang asri. Ih, sok puitis deh gue!
Ceileh.. keren banget!!!!
Trus, sampek di tempat mesnya. Ada 3 mes yang ditempati. Satu mes buat senior cewek yang aq+temen2 tempati. Di sebelah kanan mes yang aq tempati, ada mes buat adeknya yang cewek. Trus, satu mes lagi buat senior and junior cowok yang tempatnya agak jauhan ama mesnya cewek. Habis dari truk, ya turun donk dari truk….

Nah, tu gambarnya anak2 lagi turun n siap2 buat ke mes. Tu ada di depannya mes cowok. Karena mes cowok jaraknya agak jauhan dengan mes cewek, maka aq ma temen2 harus jalan ke mes. Cape deh.. padahal truknya tadi lewatin mesnya cewek. Sampe’ di mes, keren banget jauh dari apa yang aq bayangin. Udah ada kasurnya, jadi gak usah bawa2 kasur kayak yang disaranin mama. Ada kursi dan meja, tv, dispenser, dapur, kamar mandi, kolam, tempat jemur2, de el el. Kayaknya ini bukan perkemahan deh. Perhotelan. Eh, kayaknya kejauhen. Apa ya? Per-mes-an. Berarti jadinya Per-mes-an Ilmiah Remaja. Ya, Alhamdulillah lah. Kalo angkatan yang sebelomnya tuh emank bikin tenda. Tapi gak kayak sekarang. Tapi kan lebih terjamin keamanannya. Tapi kegiatannya gak kalah dengan taon2 yang udah lalu. Hehe..
Di mes, anak2 sibuk nyiap2in bwat upacara. Aduh, airnya Fima tumpah di kasur, akhirnya baru aj datang udah jemur2 aq. Istirahat bentar, aq baru sadar. Tadi kan waktu turun dari truk, aq Cuma bawa tasku yang aq pegang+camilan, tanpa bawa tiker. Waduh! geridu! Ya apa kalo masih di mes cowok? Ato gimana kalo kebawa truk? Aduh tidakkk! Tanpa pikir panjang, aq langsung keluar nyari. Tapi kok? Eee…. Ternyata tikerq udah ada di mes. Perasaan aq gak ngerasa bawa deh. Apa aq bawa tiker tapi gak sadar ya? Apa? Apa? Jangan jangan… tikernya jalan sendiri. Ya… Kayaknya ada yang bawain. Makasih makasih sipapun kamu yang bawain. You are my hero. *hueeek ... Cape deh, padahal cuma tiker. (lebay mode on). Ya kan gak taw. ^.^

Setelah itu, langsung upacara pembukaan sama Bu Ani. Habis upacara pembukaan, adek2nya dibagi ke dalam beberapa RT. Dari RT 1 sampek RT 6. Trus ada Pak Lurah, Rahmat Bambang dan Bu Lurahnya Illyyin. Tiap RT ada senior pendampingnya. Waktu di mes, rencananya aq jaga di sini aja sama Maulida, Elsa, n Friska. Jadi , gak ikut juniornya ke tempat Puslit dan Kakaonya. Tapi karena kejadian kelam tahun lalu. Waktu aq masih junior, aq ketinggalan.
~Jadi gini ceritanya. Tahun lalu, waktu aq ma temen2 masih jadi junior, aq ketinggalan karena miskomunikasi. Jadinya aq dianterin ma papa, tapi jam 2 siang dianterinnya. Coz papaku kan kerja. Waktu itu hujan deres. Padahal papa gak taw renteng. Dengan tanya2 ke bapak2 yang lagi nongkrong, berhentiin orang njual cilok buat ditanya2in tentang renteng, tanya ke ibu2, n anak2 yang lagi maen. Akhirnya nyampe juga di renteng. Yey! Padahal paginya tuh acara ke tempatnya puslit kopi dan kakao. Waktu aq nyampe, anak2 ada di musholla. Temen2 lagi presentasi hasil dari jalan2 dari puslit tadinya. Katanya seru banget. Rugi gak liat. Dan karena itulah, aq ikut jalan2 ke puslit.
Waktu ngumpul ama juniornya buat ke puslit, tiba2 Bintang bilang, “Diastri, kamu ya gantiin Agil ya, jadi pendampingnya RT 1”. Aduh aq kan anak pubdok, kan harus pegang kamera. Masa’ dampingin sih? Katanya, Firda yang mau gantiin aq. Dan akhirnya aq mau gantiin. Dasar Agil itu ya!!! Emank mana RT 1? Itu lho yang ada di dekat tiang, pak RTnya Deoky? O… Pandu ta? Iya dah! Waktu aq Tanya. RT apa dek namanya? Adeknya jawab, “RT Mesum, mbak”. Hah mesum? Mesum itu Mandiri, Energic, Semangat, Unik, dan Menarik. Yey!!! RT 1 itu ada Pandu, Wahyu, Luqman, Vivi, Julita, n Safitri. Oke.. let’s go! Setelah nyiapin uang langsung ke teobroma. Ini nih, bagian formalnya.
Di sini, acara dibuka oleh Bu Tutik dan di depan sudah ada Ketum KIR, Anam Arofi, pembinanya, bu Ani, dan pimpinan PPKKI, Dr Sutanto Abdullah. Setelah berbincang-bincang dengan bapak Sutanto, langsung diberi materi oleh Bapak Nurcholis. Aq sibuk nulis+foto2.
Di tempat ini banyak banget buku-buku yang udah tuaaaa banget. Bahkan ada yang dari tahun 1800-an. Wahh…. Keren banget!!!

Habis dari teobroma, qta langsung ke pondok bwat makan.. hmmm… pendamping ikut makan dalam RT yang didampingi..
Eh, habis makan sempat ketemu kucing lucu banget! Sempat dipermainkan itu kucing ama Wanda n Gaza. Diumeg2 lah ya dipegang2 lah, aduh pokoknya kasian banget deh itu kucing. Trus Yesika bilang, “kasian lho!!!”. Trus, aq sebagai pahlawannya, mengambil kucing itu, trus aq buat foto2 ama Yesika. Hehe!
Habis solat, adek2nya dikumpulin buat liat2 taneman kopi dan kakaonya. Tapi sebelum itu, kita harus jalan agak jauh buat nyampe’ di areal tempat taneman2nya.
Setelah jalan agak jauh, kita nyampe deh di tempat. Di sana ada kambing, yang kotorannya bisa dibuat pupuk. Karena dalam 1 hari, kambing-kambing itu bisa menghasilkan 1,5-2 kg kotoran / ekor. di sana, paknya njelasin taneman yang ada di sebelah barat dan timur kandang kambingnya. Bla bla bla.


Di sebelah barat kandang kambing ada taneman kakao. Kakao yang di sini adalah kakao lindak.




Di tempat ini, tanaman lamtoro yang dipake buat penaung taneman kakaonya.

Trus, untuk mengendalikan hama penyakit tanaman kakao, maka dibuat sarang semut. Semut itu musuh alami hama yang warnanya putih-putih tuh yang ada di buah kakaonya. Ada juga yang di batang. Sarang semut, biasanya ada di daun-daun yang berserakan di tanah. Ini nih..



Trus, disamping-samping tanaman ada rumput Arachis Hypogaea yang berprotein tinggi buat makanan kambing-kambingnya.

Nah, di sebelah timur kandang kambingnya ada tanaman kopi. Di sini kopi yang ditanam merupakan kopi robusta. Kenapa nggak kopi Arabica? Karena di tempat ini, di tanah yang lagi qta pijak ini, ada pada ketinggian 45 meter di atas permukaan laut. Sedangkan kopi Arabica layaknya ditanam di ketinggian lebih dari 1000 meter dpl. Trus, kalo kopi robusta, ya ditanam di ketinggian 0 – 600 meter dpl. Gitu deh critanya…!
Tuh, ada gambarnya biji kopi yang masih muda. Trus, ada tanaman penaungnya. Yaitu tanaman lada. Hmmm… baunya harum khas lada. Yah, tapi kamu kamu yang baca gak bisa ngerasain harumnya. Kacian! Gakpapa, kan bisa beli di pasar bo’.

Habis dari situ, langsung ke tempat produk hulu dan hilir kopi dan kakaonya. Dan untuk ke situ, harus berjalan agak lama dan agak jauh. Tapi untunglah suasananya rindang. Jadi, gak terlalu panas gitu.
Karena capek, aq ama Fima n temen laen. Pokoknya berempat deh, jalan paleng akhir sendiri. Sempat tersesat sih gara2 jalan di barisan paling akhir. Haduh! Masa’ mas2 yang aq lewati gak ngasi’ taw kalo kita salah jalan. Cape’ deh.
Di situ, kita liat2 buah kakao yang lagi dipisain dari bijinya, biji kakao yang udah diilangin lendirnya, biogas.
ini gambarnya biji kakao n buahnya juga. ^^




Trus, kita langsung ke produk hilirnya. Aq jadi yang dampingi RT 1 n 2, mandu ke tempat produk kopi. Di tempat ini, kami dipandu sama mbak Elin.
Selain itu ada juga produk nata de cacao lho… gambarnya kan ada 3, berturut-turut nata de cacaonya masih difermentasi, ampas, dan produknya.



Setelah dari tempat produk hilir kopi, kita beranjak ke produk hilir sabun. Sabun ini terbuat dari lemak kakao. bisa melembabkan kulit lho, karena sabun ini mengandung banyak gliserin. Ini mengandung anti oksidan juga. Waw… serasa bintang iklan saya. Hohoho… gak habis pikir kalo saya yang jadi bintang iklan. Hehe..





Lanjut, kita langsung ke produk hilir kakao. Hmmm… aromanya harum banget, tapi panas banget di sini. Dari yang namanya disangrai, sampek yang namanya jadi pasta cokelat. Prosesnya lama banget. Seru deh liatnya!






Secara garis besar pembuatan coklatnya sampe jadi produk tuh kayak gini. Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Jadi ya gambar aja ya…

Habis itu, kita yang capek habis jalan-jalan, pergi ke outletnya. sayang aq gak foto2 di sana. Wah, di sana ada es krim, minuman cokelat, kopi, de el el. Sampe’ lupa foto2. Cape deh. Gara2 kepana
san jalan2, makan es krim dengan santainya bareng adek2nya, sampe2 lupa tuntutan kerja. Yaitu mendokumentasi. Padahal setiap moment itu penting. Hikz…
Dari outlet, kita ke mes, trus mandi. Habis itu disuruh kerja lagi. Foto2. Ya gak apa2lah, nemenin adek2nya lagi presentasi. Aduh, lucu banget adeknya kalo lagi presentasi. Ada yang salah ngomonglah, kebelet pipis lah. Ahahahaa…




Gak terasa, udah maghrib, adek2nya kumpul semua di mes junior cewek. Tapi masih ada junior yang masih belom mandi. Jadi, mereka harus antre. Waktu aq di depan mes senior cewek, aq liat ada cahaya di mes bagian samping kanan. Eh, kalo cerita ini gak penting. Agagaga XP. Tapi aq pengin nulis. Tulis aja ya.. ya udah di situ kan gelap banget. Gak ada lampu. Padahal di situ ada kamar mandinya? Wah, gimana nih kalo adeknya ada yang mandi di situ. *sok khawatir…
ya udah deh, aq samperin tuh kamar mandi gelap. O… ternyata ada Novi nungguin adeknya mandi. Dia juga bawa senter. Akhirnya aq ikut nemeni deh. Di situ gelap banget. Harus memberanikan diri di tempat kayak gitu. Tapi ya apa kalo ada penampakan? Hiii… nggak deh, positif thinking dulu. Tiba2 ada kucing warna putih. Ih… lucu banget. Meow…. Aduh cing, kenapa kamu di sini, di tempat gelap seperti ini. Hikz.. gak takut ketemu itu itu kamu, cing.. hikz… kucingnya merem melek merem melek gitu. Haha lucu. Agak lama, nungguin adeknya, tiba2 ada paknya datang. Trus bilang, “lho, koq gelap2an? Wong ini lho ada lampu..” cklek… lampu dinyalakan. Trus novi bilang, “o… ada lampunya to?” aq juga ngerasa bodo banget gelap2an kayak gitu. Lol … ahaha gak penting deh, ni ceritanya. Ya gakpapaa deh.. biar kayak novel ni blog jadinya.
Nah, abiz itu gak terasa udah waktunya malam persembahan yang lokasinya gakjadi di mes junior cewek melainkan mesnya cowok. Sempat terhenti gara2 hujan, ya iyalah wong qta2nya lagi kebanyakan ada di mes laen. Abiz sampek di mes cowoknya, langsung nggeletak sama Hasyatmin di kamarnya sana. Hehe… ya maklumlah. Gak lama, liat acara persembahan. Ada yang drama, puisi n banyak lagi. Sayang gak aq foto, coz lagi gak mood.
Habis adek2nya tampil, ada Gaza yg nampilin trik2 sulap kartunya itu. Hehe dan beberapa di antaranya gagal pemirsaaaa…. Agagaga, gak liat sih, tapi cukup membuat suasana jadi aneh dan riuh.. abiz itu, aq kan blom makan padahal temen2 laennya udah makan. Huhu.. jahat!!! Ngomong2 koq bsa ya, aq blom makan sendiri. Emank aq ngapain aja ya waktu makan malam? Gak taw dah. Untung masih ada makanan. Aq kluar deh makan. Eh,… ternyata ada temennya!!! Ada Maulidiana, Ridlo Iqbal, Yesika, Darmo, Friska, Aim, Fadrian, Onil. Itu sih yg aq ingat… pokoknya qta makan bersama di gelap2an karena gak da lampu. Melasnya!!! Ckckckck! Saking gelapnya, Aim sampe kepedesan gara2 ngira sambel di bungkusan sebagai daging. Ahahahaa… padahal tidak ada persediaan air yang cukup di sana. Tapi untungnya, karena aq makan dgn perlahan, aq gak kena sambel…. :P salah abiz makan, anak2 masih ada yang kepedesan, tapi malah ada Iqbal T yg dateng n msh blom makan. Ckckck!!! Sabar ya…
Malemnya, aq, Husnul, n Hasyatmin njaga n tidur di mesnya juniornya yang cewek. Trus, paginya, olahraga bwat n juniornya, trus ikut game.
Sebenernya ada banyak pos-posnya, ada yang air2an, ada yang bola2an, ada yang ular2an, ada yang tali2an. Nah, aq njaga posnya bagian tepung2an.
Caranya tuhh, tiap anak diberi waktu 10 detik bwat niup tepung yang ada di gelas aqua. Kalo udah 10 detik harus pindah ke belakang digantiin ama temennya. Gitu deh seterusnya sampek abiz. Putih semua deh mukanya adek2nya.



Nah, trus setelah itu ada anak PMR datang bwat ngasi’ materi. N Wahyu or Rahmat Bambang harus menjadi korban dalam acara ini. Hehe…
Habis itu makan, n pertunjukan water rocketnya anak Fisika di lapangan renteng. Ahaha gak da fotonya. Kalo videonya ada sih tapi capek upload. -__-
Setelah itu, qta packing n upacara. Waktu upacara didapatkan kelompok terbaek dari RT 2 yang diketuai oleh Rais Afif. Gak sempat didokumentasi, karena waktunya berlalu dengan cepat. Akaka…. Nah, trus didapatkan kelompok teraktif dari RT Good Job yang diketuai oleh Mas Merdekadyarta. Hehe gaktaw nama RTnya apa, tapi yang paleng mengesankan itu jargonnya itu lho.. jadi, aq anggep aja RT Good Job…
Abiz itu pulang deh. Nah, ini nih saat2 yang kayaknya mengesankan. Yaitu pulang ke Jember naek truk. Ya, truk… aq kedapetan berdiri di sudut paleng belakang truknya. Jadi bisa ngeliat jalan di belakang truk secara bebas. Hehe… trus, di belakang ada temen2 yg naek speda motor.. ini nih..


Nah, kalo dari depan tuh ada Fadrian, Ridlo Iqbal, Dimas, gak taw siapa (*lupa saya… wkwkwk), trus di belakangnya ada Wanda, Husnul, Fikan, n Yesika. Ini ada di belakang truk nih. Dan di tengah2 gejolak goyangan truk yang seperti itu, maka hapeku yang ada di tangan terancam berada di antara hidup dan mati. Gimana kalo hapeku jatuh??? Hikz, demi mengambil gambar, hapeku harus dalam keadaan seperti ini. T.T wah, dalam keadaan seperti ini, hapeku kupegang erat2, dan aq yakin kalo mama papaku liat aq seperti ini pasti udah teriak2… agagaga XP


Okey, trus ya pulang donk!!!!

Tidak ada komentar: